Sejarah terbentuknya sepak bola

Jumat, 08 Juni 2012

Kita semua sudah tau bahwa sepakbola adalah olahraga yang paling popular pada saat ini. Tidak dipugkiri lagi kalau sepak bola juga adalah alat untuk berbisnis yang sangat menggiurkan. Tetapi apakah anda tau tentang sejarah sepakbola dari ditemukanya sampai berkembang sampai saat ini?.Brazil adalah tempat berkumpulnya pemain terbaik did dinua saat ini, mereka mendapat 5 kali juara dunia, gelar tersebut adalah gelar terbanyak yang pernah didapat oleh salah satu Negara, hanya lebih 1 kali dari Italy. Di Brazil juga menjadikan olahraga sepakbola menjadi olahraga nasional sehingga anak kecil disanapun sudah bisa bermain sepakbola bahkan jago bermain sepakbola. Pemain yang terkenal di Brazil antara lain adalah Pele,Ronaldo,Rivaldo,Kaka dan masih banyak lagi pemain yang bagus dan bertalenta .Pele adalah pahlawan Brazil pada saat merebut gelar juara dunia brazil yang ke 3 dan menjadikanya pemain terbaik pada tahun 80 an.Memang Brazil adalah gudang pemain terbaik saat ini tapi Brazil bukan Negara yang menciptakan sepakbola.
Banyak ahli sejarah berdebat tentang darimana asal terbentuknya permainan yang melibatkan 11 pemain dari setiap Tim tersebut.  Ada yang menyebutkan kalau sepakbola berasal dari Romawi kuno tetapi ada juga yang menyebutkan sepakbola berasal dari China selain itu ada yang meneliti bahwa sepak bola berasal juga dari Jepang, mesir Kuno dan Yunani purba.Di Jepang penduduknya sudah bermain sepakbola sejak  abad k-8, kalau di Mesir kuno diperkirakan sejak awal masehi.Mereka semua pada jaman dlu bermain menggunakan kulit binatang yang dibulatkan dan didalamnya ada udara akan tetapi semua itu belum membuktikan kalau sepakbola berasal dari Negara tersebut cuma ada bukti kalau di Negara tersebut pernah ada peradaban yang dulu memainkan permainan sepakbola .Banyak hal yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut tetapi induk organisasi sepakbola dunia yaitu FIFA menyatakan bahwa sepakbola berasal dari daratan China pada abad ke 2 SM. Di China permainan ini dimainkan pada saat Dinasti Han dan Dinasti Tsin yang bernama tsu chu , tsu artinya menendang bola dengan kaki sedangkan chu artinya bola dari kulit dan berisi udara  jadi memiliki arti menendang bola yang berasal dari kulit dengan kaki.
Sejarah sepakbola di dunia menyatakan bahwa Inggris adalah awal dari sepakbola modern seperti sepakbola saat ini. Di Inggris berdiri Tim sepakbola modern yang paling tua yaitu Sheffield Football Club pada tahun 1857. Di Inggris juga dibentuk organisasi yang menangani tentang sepakbola pertama yaitu FA. Di Inggris juga ada liga yang paling tua di dunia yaitu piala FA, jadi bisa di ambil kesimpulan bahwa asal dari sepakbola modern adalah Inggris

1 komentar:

agen bola mengatakan...

setau ane sih dari romawi kuno gan,,,,pada zaman kerajaan gthu gan,,,tapi abis itu ga tau deh perkembangan nya,,,hehehe

Posting Komentar